Jumat, 19 Oktober 2007

PDT. DENNY HARSENO, M.A

Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang mengalami sesuatu masalah (disebut klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Frank Parsons di tahun 1908 saat ia melakukan konseling karier. Selanjutnya juga diadopsi oleh Carl Rogers yang kemudian mengembangkan pendekatan terapi yang berpusat pada klien (client centered).

Dibanding dengan psikoterapi, konseling lebih berurusan dengan klien yang mengalami masalah yang tidak terlalu berat sebagaimana halnya yang mengalami psikopatologi, skizofrenia, maupun kelainan kepribadian.

Umumnya konseling berasal dari pendekatan humanistik dan client centered. Konselor juga berhubungan dengan permasalahan sosial, budaya, dan perkembangan selain permasalahan yang berkaitan dengan fisik, emosi, dan kelainan mental. Dalam hal ini, konseling melihat kliennya sebagai seseorang yang tidak mempunyai kelainan secara patologis. Konseling merupakan pertemuan antara konselor dengan kliennya yang memungkinkan terjadinya dialog dan bukannya pemberian terapi atau treatment. Konseling juga mendorong terjadinya penyelesaian masalah oleh diri klien sendiri.

Konseling bisa dilakukan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti di masyarakat, di dunia industri, membantu korban bencana alam, maupun di lingkungan pendidikan. Khusus di dunia pendidikan, layanan ini biasa disebut bimbingan konseling dan dilakukan oleh seorang konselor pendidikan.

6 komentar:

PASTORAL KONSELING mengatakan...

Maju terus salam pastoral (Ptr)

PASTORAL KONSELING mengatakan...

Thx

PASTORAL KONSELING mengatakan...

Trims

Unknown mengatakan...

Bagus sekali tulisannya. Saran saya: anda teruskan tulisannya. Sekalipun satu orang saja yang diberkati, tetap jerih payah anda tidak sia-sia.

Unknown mengatakan...

Bagus sekali tulisannya. Saran saya: anda teruskan tulisannya. Sekalipun satu orang saja yang diberkati, tetap jerih payah anda tidak sia-sia.

Blog27999 mengatakan...

Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

Plus, making money with it is as simple as 1 . 2 . 3!

Here is how it all works...

STEP 1. Input into the system what affiliate products the system will advertise
STEP 2. Add push button traffic (it takes JUST 2 minutes)
STEP 3. Watch the affiliate products system grow your list and sell your affiliate products all for you!

So, do you want to start making profits?

Click here to start running the system